Minggu, 28 September 2014

TUGAS PEMASARAN GLOBAL “GLOBAL MARKETING PLANNING” RINGKASAN DISUSUN OLEH NAMA : RAWI SETIAWAN NPM : 021112379 KELAS : 5 “J” MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN UNIVERSITAS PAKUAN 2014 BEBERAPA KONSEP KUNCI Ada enam konsep kunci yang memberi dukungan kearah pemahaman yang lebih baik mengenai kesempatan dan tatangan dari pemasaran global. Konsep pertama dan paling penting adalahkonsep strategi.  STRAETEGI • Strategi adalah respon yang dipertimbangkan dari sebuah organisasi pada kenyataan dari organisasi pihak yang berkepentingan dan kenyataan dari lingkungan bisnis. • Untuk pemasaran strategi disajikan sebuah kerangka konseptual, kerangka ini mengidentifikasikan tiga dimensi strategi, yaitu ; 1. Lingkungan eksternal perusahaan, 2. Organisasi atau lingkungan internal, 3. Nilai serta aspirasi dari pihak yang berkepentingan. • Tantangan perusahaan dalam industry global adalah menjamin bahwa penilaian lingkungan bersifat global, bukan hanya mencakup nasional atau regional. • Proses strategis memerlukan identifikasi asumsi kunci mengenai organisasi, terutama kekuatan dan kelemahannya. • Pihak yang berkepentingan adalah orang atau kelompok yang mempunyai minat dalam hasil dari kegiatan organisasi. Yang termasuk pihak kepentingan adalah pemegang saham, manajer, karyawan, pelanggan serta anggota masyarakat.  PERUSAHAAN DI DUNIA • Beberapa aspek pemasaran global memiliki perbedaan dari pemasaran domestic, salah satunya adalah konteks atau lingkungan pemasaran global. • Perusahaan ada dalam dunia yang berisi lebih dari 180 negara. Masing-masing Negara mempunyai beberapa persamaan dan beberapa perbedaan daari Negara lain.  PENGELOMPOKAN, SEGMENTASI, DAN TARGET PEMASARAN • Geografi adalah kriteria pengelompokan dengan makna yang besar. • Bahasa dan budaya adalah karakteristik lain yang membedakan pasar. Dunia dibagi-bagi dalam kelompok atau segmen bahasa ; mandarin, inggris, spanyol.  KEPEKAAN LINGKUNGAN • Suatu cara yang paling berguna untuk melihat produk secara internasional adalah menempatkannya kedalam rangkaian kepekaan lingkungan. • Intergrated circuit adalah salah satu contoh produk yang tidak peka terhadap lingkungan. • Semakin besar kepekaan terhadap lingkungan dari suatu produk, perusahaan semakin perlu belajar mengenai cara produk tadi berinteraksi dengan kondisi ekonomi, social dan budaya, fisik, dan lingkungan yang memberi petunjuk yang ada diseluruh dunia.  PENGARUH YANG MEMPERSATUKAN DAN MEMBEDAKAN • Konsep ini didasarkan pada fakta bahwa dalam setiap situasi ada aspek yang unik maupun yang serupa. Aspek yang unik mempunyai pengaruh yang membedakan, aspek serupa mempunyai pengaruh yang menyatukan.  DAUR HIDUP PRODUK/DAUR HIDUP PASAR • Pengertian umum DHP adalah bahwa suatu produk mempunyai karakteristik atau kehidupan normal dengan urutan awal atau kelahiran, dan pertumbuhan cepat(tahap pertumbuhan), diikuti dengan pertumbuhan yang keceapatannya menurun, tidak ada pertumbuhan, penurunan, dan akhirnya, untuk melengkapi metafora mati.  MODEL DAUR PERDAGANGAN PRODUK • Teori mengenai keunggulan komparatif adalah teori murni yang didasarkan pada sekumpulan asumsi, yang merupakan abstraksi dari kompleksnya dunia nyata. TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN PERUSAHAAN TRANSNASIONAL,: TIPOLOGI DINAMIS Ada lima tahap dalam evolusi perusahaan transnaional. Tahap-tahap ini menggambarkan perbedaan signifikan dalam strategi, caara memandang dunia, orientasi, dan praktik perusahaan yang berkecimpung di lebih dari satu Negara, salah satu perbedaan kunci dalam perusahaan di berbagai tahap ini adalah orientasi mereka.  TAHAP PERTAMA---DOMESTIK • Orientasinya adalah etmosentris. • Focus pada pasar domestic, pemasok domestic, dan pesaing domestic. • Mottonya adalah “bila tidak terjadi di Negara ini, hal itu akan terjadi.”  TAHAP KEDUA---INTERNASIONAL • Masih tetap etmosentris, atau berorientasi dalam negeri, dalam orientasi dasarnya. • Fokusnya tetap pada pasar dalam negeri.  TAHAP KETIGA---MULTINASIONAL • Orientasi bergeser menjadi polisentris, yaitu asumsi bahwa pasar dan cara melakukan bisnis diseluruh dunia demikian unik. • Fockusnya adalah multidomestik, artinya perusahaan ini merumuskan strategi yang unik untuk setiap Negara tempat perusahaan melakukan bisnis.  TAHAP KEEMPAT---GLOBAL • Mempunyai ancangan strategi yang cukkup besar dari tahap ketiga. Mempunyai strategi pemasaran global atau strategi menentukan pemasok global, tetapi tidak pernah kedua-duanya. • Focus pada dasar dan sumber daya global dari dalam negeri atau salah satu Negara lain untuk memasok pasar ini, atau akan memfokuskan pada pasar domestikdan sumber daya dari dunia untuk memasok saluran distribusi domestic.  TAHAP KELIMA---TRANSNASIONAL • Mempunyai orientasi geosentris. • Mengadopsi strategi global yang memungkinkannya untuk meminimalkan penyesuaian di berbagai Negara pada yang benar-benar menambah nilai bagi pelanggan di Negara itu. • Aset kunci dari perusahaan transnasional tersebar, saling tergantung, dan terspesialisasi. PERSYARATAN BAGI KEBERHASILAN RENCANA PEMASARAN GLOBAL Rencana global yang berhasil merupakan satu rangkaian terpadu dari beberapa rencana pemasaran nasional yang efektif. Setiap rencana pemasaran nasiional harus berdasarkan pada tiga macam landasan. 1. Pengetahuan mengenai pasar dan lingkungan pemasaran-terutama mengenai pelanggan, pesaing, dan pemerintah. 2. Pengetahuan mengenai produk-produk formal, teknologinya, dan manfaat intinya. 3. Pengetahuan mengenai fungsi dan disiplin pemasaran.  RENCANA GLOBAL SEPERTI APA? • Mempunyai standar Rencana pemasaran global yang mempunyai standar menawarkan sejumlah keuntungan. • Terdesentralisasi Sifat umum dari pendekatan menggunakan standar dan terdesentralisasi adalah tidak adanya tanggung jawab untu analisis dan merencanakan di kantor pusat untuk program pemasaran multinegara • Interaktif Mempunyai kelebihan dibandingkan dengan standarlisasi atau rencana local,  KEBIASAAN MERENCANAKAN • Menyesuaikan pemasaran global Ada empat dimensi dari pemasaran global : fungsi bisnis, produk, unsur bauran pemasaran, dan Negara. • Rencana operasional tahunan • Pusat kompetensi

Fakultas Ekonomi UNPAK angkatan 2012 "5 J MANAJEMEN"

Hy friends...!! WELCOME to my blog :)